Rabu, 12 Agustus 2015

مَجْرُوْرَاتُ اْلأَسْمَاءِ




 (مَجْرُوْرَاتُ اْلأَسْمَاءِ)
Isim-Isim Yang Dibaca Jer/ Khafad
1
Majrurun bi harfi al-jarri (مَجْرُوْرٌ بِحَرْفِ الْجَرِّ )
2
Majrurun bi al-idlafati ( مَجْرُوْرٌ بِالْإضَافَةِ)
3
Majrurun bi at-tawabi’i (مَجْرُوْرٌ بِالتَّوَابِعِ )
           
Sebelum melangkah lebih jauh lagi berkenaan dengan pembahasan majrurat al-asma’, hanya sekedar mempertegas saja bahwa dalam pembahasan ini terdapat dua istilah yang sudah lazim digunakan dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya, yakni istilah khafad dan jer. Kedua istilah ini memang belum pernah ada penegasan apakah keduanya sinonim ataukah tidak. Akan tetapi karena dalam kesempatan ini secara eksklusif membicarakannya, maka kita informasikan bahwa istilah khafad adalah istilah yang dipakai oleh ulama’ kufah, sedangkan jer merupakan istilah yang dipakai oleh ulama’ basrah. Karena demikian, maka dapat disimpulkan bahwa keduanya istilah ini secara esensinya adalah sama.
Adapun pembahasan majrurat al-asma’ sebenarnya secara tidak langsung sudah dimuat dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya. Oleh karena itu, maka pembahasan dalam bab ini mungkin tidak akan terlalu banyak karena mengingat pembahasannya sebagian besar sudah ada dalam bab-bab sebelumnya, baik yang berupa majrurun bi harfi al-jarri, majrurun bi al-idlafati, majrurun bi at-tawabi’i. Sekedar sebagai pelengkap saja, maka dalam pembahasan hanya dimuat beberapa catatan penting serta contoh-contohnya saja.


مَجْرُوْرٌ بِحَرْفِ الْجَرِّ
(Majrurun bi harfi al-jarri)


Majrurun bi harfi al-jarri adalah isim-isim yang dibaca jer/khafad karena kemasukan huruf jer/khafad.
Contoh: قَامَ مُحَمَّدٌ فِى الدَّارِ

مَجْرُوْرٌ بِالْإضَافَةِ
(Majrurunbi al-idlafati)


Majrurun bi al-idlafah adalah isim-isim yang dibaca jer/ khafad karena menjadi mudlafun ilaihi. Karena pembahasan idlafah sudah tuntas pada bab-bab sebelumnya, maka dalam bab ini tidak lagi akan dipaparkan penjelasan idlafah, yang ada hanya contoh dari Majrurun bi al-idlafah.
Contoh:  أُصَلِّى فَرْضَالصُّبْحِ

مَجْرُوْرٌ بِالتَّوَابِعِ
(Majrurun bi at-tawabi’i)


Majrurun bi at-tawabi’i adalah isim-isim yang dibaca jer/khafad karena menjadi tawabi’. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tawabi’ itu terbagi menjadi 4, yaitu na’at, ‘athaf, taukid, dan badal.
Contoh:
·         Na’at      : مَرَرْتُ بِرَجُلٍ مَاهِرٍ
·         Athaf    : مَرَرْتُ بِمُحَمَّدٍ وَعَمْرٍى
·         Taukid   : مَرَرْتُ بِزَيْدٍ نَفْسِهِ
·         Badal     : مَرَرْتُ بِمُحَمَّدٍ اَخِيْكَ
Seperti pernyataan sebelumnya bahwa kandungan pada bab ini sudah banyak yang dijelaskan dalam bab-bab sebelumnya. Oleh karena itu, tidaklah banyak yang harus dibahas dalam bab ini sehingga penjelasan yang sangat singkat meskipun sangat sedikit, semoga tetap mampu memberikan sebuah pemahaman dan gambarang yang utuh dan juga gamblang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar