Kamis, 31 Maret 2016

تعريف اللغة



تعريف اللغة
اللغة ككرة، أصلها لغو، من باب: دعى وسعى ورضي، ووزنها فعة، حذفت لامها، وعوض عنها، ومعنى اللغة: الصوت مطلقا، والخطأ ، والسقط، والطق، والهذايان ، والباطل...
لقد اختلف العلماء في تعريف اللغة ومفهمها، وليس هناك اتفقاق شامل على مفهوم محدد للغة ويرجع سبب كثرة التعريفات وتعددها إلى ارتباط اللغة بكثير من العلم ، فمنها:
1.     يعرفها ابن جنى (المتوفى 391ه) بقوله : " أما حدها فإنها أصوات يعبر بها كل قوم عن أغراضهم.
2.     اللغة نظام من الرموز الصوتية الاعتبا طية يتم بواسطتها التعارف بين أفراد المجتمع، تخضع هذه الأصوات للوصف من حيث المخارج أو الحركات التي يقوم بها جهاز النطق ومن حيث الصفات والظواهر الصوتية المصاحبة لهذه الظواهرالنطقية
3.     ظاهرة اجتماعية تستخدم لتحقيق التافهم بين الناس.
4.     صورة من صور التخاطب سواء كان لفظيا أو غير ذلك.
5.     نشاط إنسني يتمثل من جانب في مجهود عضلي يقوم به فرد من الأفراد، ومن جانب آخر عملية إدراكية ينفعل بها فرد أو أفرد.
6.     اللغة نشاط مكتسب تتم بواسطته تبادل الفكار والعواطف بين شخصين أو بين أفراد جماعة معينة، وهذا النشاط عبارة عن أصوات تستخدم وتستعمل وفق نظم معينة.
بعد ان عرضنا هذه التعريفات للغة ، أرى أن تعرف ابن جني يعد من التعريفات الدقيق إلى حد بعيد ، حيث يذكر كثيرا من الجوانب الميزة للغة، فأكد ابن جني أولا الطبيعة الصوت للغة ، كما ذكر وظيفتها الاجتماعية في التعبير ونقل الأفكار ، وذكر أيضا أنها تستخدم في مجتمع فلكل قوم لغتهم. وأما بقية التعريفات الحديثة ، فهي تؤكد الطبيعة الصوتية للغة ، والوظيفة الاجتماعية للغة ، وتنوع البنية اللغوية من مجتمع إنساني لآخر.
اللغة نعمه من الله عز و جل للإنسان مثله مثل كل الحيوانات التي تمتلك نظاما من الرموز والإشارات للتفاهم فيها بينها. فيقال: لغة الحيوان ، ولغة الطير ، ولغة النبات ، قال تعال: "وعلمنا منطق الطير " ( النمل/ 16). ولكن لغة الإنسان تتميز بأنها ذات نظام مفتوح بينما الحيوانات الأخرى نظامها التعرفي نظام مغلق.
طبيعة  اللغة
الرموز اللغوية رموز صوتية ، ومعنى هذا أن طبيعة اللغة تتخذ في المقام الأول صورة صوتية منطوقة مسموعة. فالكتابة في أحسن أحوالها محاولة للتعبير عن اللغة في واقعها الصوتي، وهذه المحاولة دقيقة أحيانا وغير دقيقة في أكثر الأحيان. كما أن الكتابة محاولة لنقل الظاهرة الصوتية السمعية إلى ظاهرة كتابة كتابية مرئية ، فاللغة تسمع بالأذن والكتابة ترى بالعين. والكتابة أيضا محاولة لترجمة الظاهرة الصوتية السمعية إلى ظاهرة كتابية مرئية. والكتابة أيضا محاولة لنقل اللغة من بعدها الزمني إلى البعد المكاني، فالظاهرة الصوتية تتتابع في الزمن والحروف والمكتوبة تتتابع في المكان.
وإذا كانت اللغة في المقام الأول ظاهرة صوتية فمن الطبيعي أن يقوم البحث اللغوي بدراسة اللغة في صورتها الصوتية.
الرمز الصوتية التي يتعامل بها ابناء الجماعة اللغوية الواحدة محدودة، فأكثر اللغات تتعا



Bahasa sebagai bola , asal minuman keras , dari pintu Disebut dan dicari dan akan senang , dan berat Fh , dihilangkan untuk ibunya , dan bukan mereka , dan arti dari bahasa : suara sama sekali , dan salah, dan kejatuhan , dan penyadapan , dan Alhmaaan , kepalsuan
 
Para ilmuwan telah berbeda mengenai definisi bahasa dan Mvhmha , tidak ada Atvakkak komprehensif tentang konsep spesifik bahasa Alasan untuk jumlah besar beberapa tarif dan banyak dari bahasa link ilmu pengetahuan , ketidakcocokan :
 
 
1.Jana dikenal anak ( . D 391 AH ) mengatakan : " Satu-satunya suara dia melintasi semua orang untuk tujuan mereka sendiri .
2. Sistem speaker simbol fo akustik Lipat dimana kenalan antara anggota masyarakat , suara-suara ini tunduk pada deskripsi mana pintu keluar atau gerakan oleh perangkat berbicara dan dalam hal kualitas dan fenomena akustik yang terkait dengan Zawepehrlntqah ini
 
 
4. bentuk komunikasi , baik secara lisan atau sebaliknya .
5. Kegiatan adalah Ansna oleh upaya otot yang dilakukan oleh seorang individu , dan proses kognitif yang lain merasa senang dengan sisi individu atau diasingkan .
6. Kegiatan Bahasa diterima di muka dibuat dimana pertukaran ide dan emosi antara dua orang atau di antara anggota kelompok tertentu , dan kegiatan ini adalah penggunaan Vote dan digunakan sesuai dengan sistem tertentu 


Setelah definisi ini ditawarkan bahasa , aku tahu aku mengambil lebih lama dari definisi yang tepat untuk sebagian besar , di mana dinyatakan banyak aspek memiliki bahasa , ia menekankan anak menuai sifat suara pertama dari bahasa , seperti disebutkan fungsi sosial dalam ekspresi dan transfer ide , dan juga menyatakan bahwa mereka digunakan untuk setiap bahasa rakyat masyarakat . Sisa tarif baru , mereka menekankan suara dari bahasa alam , dan fungsi sosial dari bahasa , dan keragaman struktur linguistik dari manusia ke komunitas lain .

Sebuah berkah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk orang seperti bahasa , seperti semua binatang , yang memiliki sistem simbol dan tanda-tanda pemahaman dengan mereka . Dikatakan : bahasa binatang , bahasa burung , dan bahasa tanaman , Ayo mengatakan : " Kami belajar dari Burung " ( ant / 16 ) . Tapi bahasa manusia ditandai sebagai memiliki sistem terbuka , sementara binatang lain Altarafa sistem tertutup .
 
Sifat bahasa
Linguistik kode simbol SUARA, yang berarti bahwa sifat bahasa yang diambil di tempat pertama USG pengucapan terdengar. Menulis di terbaik upaya untuk mengekspresikan bahasa dalam audio dan realitas, dan upaya ini kadang-kadang akurat dan tidak akurat lebih sering. Upaya menulis untuk mentransfer fenomena akustik audio ke fenomena penulisan Alkitab terlihat, Anda mendengar bahasa oleh telinga dan menulis melihat mata. Tulisan ini juga merupakan upaya untuk menerjemahkan fenomena audio yang akustik untuk fenomena ditulis terlihat. Tulisan ini juga merupakan upaya untuk bergerak melampaui bahasa waktu untuk dimensi spasial, fenomena akustik adalah Taattaba dalam waktu dan karakter dan mulai Taattaba di tempat.
 
Jika bahasa adalah fenomena terutama akustik , adalah wajar bahwa penelitian linguistik mempelajari bahasa pada gambar akustik .
Kode Audio yang menangani kelompok linguistik per anak terbatas
 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar