Kamis, 10 Desember 2015

Pengertian Teknik Bimbingan dan Konseling



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Bimbingan adalah suatu proses membantu individu melalui usaha sendiri untuk menentukan dan mengembangkan kemampuannya agar memperoleh kebahagiaan pribadi dan kemanfaatan sosial.
Konseling merupakan salah satu teknik dalam pelayanan bimbingan dimana proses pemberian bantuan itu berlangsung melalui wawancara dalam serangkaian pertemuan langsung dan tatap muka antara guru/konselor dengan klien itu mampu memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap dirinya, mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dan mampu mengarahakn dirinya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki ke arah perkembangan yang optimal, sehingga ia dapat mencapai kebahagiaan pribadi dan kemanfaatan sosial.
Pada setiap sekolah peran seorang pendidik bimbingan dan konseling sangat penting untuk semua siswa, karena semua siswa perlu bimbingan dalam menghadapi perkembangan dan masalah yang dialaminya.
Oleh karena itu penyusun mencoba membuat tulisan sederhana untuk membahas ilmu yang berhubungan dengan teknik bimbingan dan konseling.

1.2  Rumusan Masalah
1.              Apakah pengertian teknik Bimbingan dan Konseling ?
2.              Apa saja teknik Bimbingan dan Konseling?

1.3  Manfaat Penulisan
1.             Mengetahui pengertian teknik Bimbingan dan Konseling.
2.              Mengetahui teknik Bimbingan dan Konseling.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Teknik Bimbingan dan Konseling
Teknik adalah cara, langkah atau metode yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Bimbingan ialah mengarahkan, memandu, mengelola, dan menyetir. Bimbingan juga dapat diartikan sebagai bantuan atau pertolongan.
Konseling adalah hubungan tatap muka yang bersifat rahasia, penuh dengan sikap penerimaan dan pemberian kesempatan dari konselor kepada klien. Pendapat lain mengatakan bahwa konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif prilakunya.
Jadi, teknik Bimbingan dan Konseling adalah cara atau metode yang dilakukan untuk membantu, mengarahkan atau memandu seseorang atau sekelompok orang agar menyadari dan mengembangkan potensi-potensi dirinya, serta mampu mengambil sebuah keputusan dan menentukan tujuan hidupnya dengan cara berinteraksi atau bertatap muka.[1]



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
1.      Pengertian Bimbingan dan Konseling adalah cara atau metode yang dilakukan untuk membantu, mengarahkan atau memandu seseorang atau sekelompok orang agar menyadari dan mengembangkan potensi-potensi dirinya, serta mampu mengambil sebuah keputusan dan menentukan tujuan hidupnya dengan cara berinteraksi atau bertatap muka.
2.      Teknik Bimbingan dan Konseling pada umumnya mengambil dua pendekatan, yaitu pendekatan secara kelompok (group guidance) dan pendekatan secara individual (Individual Guidance Counseling).
a.       Bimbingan Kelompok (Group Guidance)
·         Home room programe
·         Karyawisata/ field trip
·         Diskusi kelompok
·         Kegiatan kelompok
·         Organisasi murid
·         Sosiodrama
·         Psikodrama
·         Remedial teaching
b.      Individual Guidance Counseling (Bimbingan Konseling Individu)
Yaitu bimbingan konseling yang memungkinkan klien mendapat layanan langsung  secara face to face relationship (hubungan langsung muka ke muka, atau hubungan empat mata), antara konselor dan anak (kasus).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar